Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Barat Sudah Mulai Distribusikan Kartu Sehat

Kompas.com - 12/11/2012, 09:54 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kartu Jakarta Sehat yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sudah mulai disebar ke warga yang tinggal di delapan kecamatan di Jakarta Barat. Namun, perwakilan Sudin Kesehatan Jakarta Barat, John Marbun, belum mengetahui secara pasti jumlah Kartu Jakarta Sehat yang sudah disebarluaskan.

"Yang menerima Kartu (Jakarta) Sehat itu semua warga Jakarta yang punya KTP Jakarta. Saat ini sudah didistribusikan ke beberapa kecamatan, tapi kemarin Kecamatan Tambora sebagai bentuk simbolisnya," katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (11/11/2012) malam.

Dihubungi terpisah, Hendra Hidayat, Camat Kebon Jeruk, membenarkan bahwa pendistribusian Kartu Jakarta Sehat ke warganya sudah dilaksanakan. Kartu tersebut dibagikan ke semua kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk. Cara penggunaan Kartu Jakarta Sehat sudah pernah disosialisasikan langsung oleh Wali Kota Jakarta Barat.

"Waktu acara pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Pak Wali (Wali Kota) sudah memberitahukan cara menggunakannya," katanya.

Dia mengatakan, kartu tersebut sudah didistribusikan melalui puskesmas. Namun, dia belum mengetahui dengan pasti apakah semua warga sudah memperoleh Kartu Jakarta Sehat tersebut atau belum. Pasalnya, Kartu Jakarta Sehat baru saja diluncurkan pada Sabtu (10/11/2012). Menurut dia, walaupun semua warga DKI Jakarta yang memiliki KTP berhak mempunyai Kartu Jakarta Sehat, masyarakat yang tidak mampu harus mendapatkan prioritas utama. Karena itu, kesadaran masyarakat sendiri akan memudahkan agar program Kartu Jakarta Sehat berjalan lancar dan tepat guna.

Peluncuran dan pendistribusian Kartu Jakarta Sehat juga diamini oleh drg Silvia, Kepala Puskesmas Tambora. Ia mengatakan, dalam satu kelurahan di Kecamatan Tambora akan diberikan 514 Kartu Jakarta Sehat. Di wilayah Tambora, kartu ini sudah didistribusikan pada hari pertama peluncurannya, Sabtu lalu.

Silvia melihat, keantusiasan warga menerima Kartu Jakarta Sehat sangat tinggi. Terlebih lagi, peluncuran kartu tersebut berlokasi di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, dan diberikan langsung oleh Jokowi. Ia berharap agar masyarakat dapat berobat dengan mudah menggunakan akses dari kartu tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Jokowi meluncurkan Kartu Jakarta Sehat di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Peluncuran bertepatan dengan masa jabatannya yang baru menginjak satu bulan.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com