Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Medan Bersiap Unjuk Rasa

Kompas.com - 13/11/2012, 11:15 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Selasa (13/11/12) pagi ini, ribuan buruh dari berbagai organisasi buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia akan berunjuk rasa di Medan, Sumatera Utara. Mereka menuntun kenaikan upah dan penghapusan alih daya.

Para buruh tengah begerak dari Kawasan industri Medan menuju pusat kota. Mereka mengendarai sepeda motor dan mobil bak terbuka.

Dalam tuntutannya, Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia Sumut Minggu Saragih yang juga Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Sumut dan DPW FSPMI Sumut mengatakan, wali kota Medan jangan menandatangani dulu UMK usulan Dewan Pengupahan Daerah (Depeda) Kota Medan. Wali Kota Medan Rahudman harus lebih dahulu melihat perkembangan di daerah lain dan imbauan pemerintah pusat.

Minggu Saragih mengungkapkan bahwa upah di Indonesia saat ini adalah yang terendah dibandingkan dengan negara-negara ASEAN. Perbandingan upah tahun 2012, upah rata-rata di Indonesia hanya Rp 1,1 juta. Itu setara dengan 0,6 dollar AS per jam. Di Malaysia upah per jam mencapai 2,88 dollar AS, Thailand 1,66 dollar AS, dan Filipina 1,04 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com