Kompas.com - 19/11/2012, 11:40 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.956 jiwa yang bermukim di 33 RT dan 6 RW di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin, mendapat banjir kiriman. Namun hanya 37 warga yang mau mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

"Dari 2.956 warga korban banjir, yang mengungsi ada 11 Kepala Keluarga 37 jiwa. Mereka mengungsi di Masjid Attawabin RT 12," ujar Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu kepada Kompas.com di lokasi, Senin (19/11/2012) pagi.

Warga yang mengungsi merupakan warga yang rumahnya berada persis di tepi Kali Ciliwung. Meski demikian, kebanyakan warga menganggap banjir tersebut dalam kondisi yang wajar. Oleh sebab itu, kebanyakan warga tetap bertahan di lantai dua rumah masing-masing.

Bambang melanjutkan, hingga kini pihaknya telah mendapat laporan lengkap kondisi korban banjir. Untuk kondisi kesehatan, belum ada satu pun warga yang mengadukan gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, belum ada rekomendasi ke posko banjir untuk mengirimkan obat-obatan.

"Sementara ini, belum ada yang mengeluh sakit. Tapi kami masih terus memantau. Karena kalau menurut warga, ini masih belum parah. Beda waktu tahun 2009," lanjut Bambang.

Hingga pukul 10.50 WIB, banjir akibat luapan Kali Ciliwung tersebut masih merendam rumah warga dengan ketinggian bervariasi, mulai dari 2 meter hingga 30 centimeter.

Meski demikian, kondisi ketinggian air perlahan-lahan mulai surut. Warga yang air di rumahnya surut pun langsung membersihkan sisa-sisa lumpur di lantai mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya, Palang Merah Indonesia dan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur akan memberikan bantuan nasi bungkus sebanyak 1.200 bungkus masing-masing untuk siang dan malam hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.