Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Daging Rendang Tidak Naik

Kompas.com - 19/11/2012, 15:11 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Walau harga daging naik, harga rendang di rumah makan padang tetap bertahan Rp 9.000 per porsi. Pengelola rumah makan ingin menjaga agar pembeli tidak pindah ke pedagang lain. Pedagang hanya mengurangi porsi jualan untuk menghindari kerugian.

"Harga rendang tidak kami naikkan agar pelanggan tidak lari. Ya risikonya untung kami menjadi lebih sedikit. Syukurlah, pembeli kami bisa bertahan," tutur Ujang, pengelola rumah makan padang di Balaikota Jakarta, Senin (19/11/2012).

Namun, ada yang berbeda di rumah makan Ujang. Biasanya dalam sehari dia jual rendang 5 kilogram daging. Hampir seminggu terakhir dia mengurangi porsi jualan menjadi 3 kg daging per hari.

Hal ini diputuskan seiring dengan meningkatnya harga daging dari Rp 78.000 per kg menjadi Rp 80.000 per kg. Untuk satu kg daging, dia tetap membagi 16 potong rendang. Beberapa pelanggan rendang yang kehabisan saat makan siang sempat menanyakan ke penjaga rumah makan.

Namun, mereka tidak protes setelah dijelaskan bahwa porsi rendang yang dijual habis. "Soal stok memang agak berkurang di pasaran. Saya punya langganan, jika di Pasar Senen habis, saya belanja ke Pasar Gondangdia," kata Ujang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com