Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penetapan APBD DKI 2013 Dipastikan Molor

Kompas.com - 19/11/2012, 18:01 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan DPRD DKI pesimistis dapat mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2013 pada akhir tahun ini. Hingga sekarang, draft Rancangan APBD 2013 pun belum terpenuhi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Sarwo Handayani memprediksikan APBD DKI 2013 akan disahkan pada pertengahan Januari 2013. Ia mengatakan, saat ini Pemprov DKI bersama dengan DPRD DKI sedang membahas Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2013. KUA PPAS tersebut dijadikan acuan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2013.

"Dilihat dari jadwal, kelihatannya tidak mungkin kalau disahkan akhir Desember. Ya, sedikit lewat sekitar pertengahan Januari 2013," kata perempuan yang akrab disapa Yani tersebut, Senin (19/11/2012).

Ia menambahkan, kemunduran tersebut dikarenakan adanya pergantian pemimpin sehingga diperlukan penyesuaian program-program yang telah disusun oleh mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo. Sampai pertengahan November 2012 ini, kata Yani, penggunaan dana APBD DKI 2012 baru mencapai 56 persen. Rendahnya penyerapan APBD ini dikarenakan tiga hal, yaitu masih adanya kontraktor yang belum menagih pembayaran, pembebasan lahan yang masih berproses, dan beberapa program dalam APBD perubahan yang juga masih dalam proses.

"Tapi, angka itu sudah lebih tinggi 2,5 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk mengejar penyerapan yang lebih tinggi, telah diperintahkan kepada semua asisten untuk mengkoordinasi dinas-dinasnya. Terutama untuk percepatan administrasi penagihan dan kemudian percepatan dokumen administrasi pembebasan lahan," katanya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui bahwa pengesahan APBD 2013 pasti molor. Ia menyatakan, pembahasan KUA PPAS juga masih terus berlanjut. Namun, ia mengaku tidak terburu-buru untuk memutuskan sesuatu.

"Kalau mau cepat, nanti tidak baik, lebih baik molor tapi menghasilkan sesuatu yang baik," kata Jokowi.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sekaligus Ketua Badan Legislatif Daerah (Balegda) DKI Jakarta Triwisaksana mengatakan, penetapan APBD DKI 2013 tidak mungkin dapat terselesaikan hingga akhir tahun. RAPBD yang berisi muatan anggaran keseluruhan program rencananya baru akan disusun pada minggu ini atau minggu depan.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com