Banjir Kiriman Tiba, Ratusan Rumah di Rawajati-Cililitan Kecil Terendam

Kompas.com - 22/11/2012, 02:04 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir kiriman dari Bogor telah mencapai Jakarta sekitar sejam lalu. Akibatnya ratusan rumah di Rawajati, Pegadegan, dan Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan serta di Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur, saat ini dalam kondisi terendam air luapan Kali Ciliwung.

"Air naik sekitar 3,5 meter sejak jam 12 (malam) tadi," kata Usman, warga RT 02 RW 07 Rawajati, saat ditemui Kompas.com di kediamannya, Kamis (22/11/2012) dini hari.

Dalam pantauan Kompas.com, permukaan air telah mencapai permukaan jembatan Kalibata. Akibatnya, tumpukan sampah yang hanyut dibawa banjir tertahan dan menumpuk pada besi-besi rangka jembatan. Situasi ini dimanfaatkan sejumlah pemulung untuk memilah sampah.

"Kemungkinan masih akan terus naik sampai jam 03.00 WIB nanti. Untuk wilayah Pancoran, rumah-rumah yang sudah kena ada di Rawajati, Pegadegan, dan Cikoko," kata Kris, petugas pemantau banjir dari Kelurahan Rawajati.

Saat ini posisi air telah mendekati permukaan jendela beberapa rumah yang terletak paling dekat dengan aliran Kali Ciliwung. Warga pun terlihat beramai-ramai memindahkan perlengkapan rumah tangga ke pinggiran Jalan Kalibata Raya, sekitar kolong flyover, sebagai lokasi aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.