Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seusai Sidak, Jokowi Akan Panggil Direksi RSUD DKI

Kompas.com - 22/11/2012, 16:48 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rencananya akan memanggil seluruh direksi Rumah Sakit Umum Daerah DKI seusai dia melakukan inspeksi mendadak ke RSUD Koja, Jakarta Utara. Pemanggilan direksi RSUD se-DKI itu dimaksudkan Jokowi agar direksi dan pimpinan manajemen RSUD untuk lebih sering turun ke bawah melakukan pemantauan dan juga mengontrol kinerja para staf rumah sakit.

"Dari hasil kunjungan saya tadi di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Koja, saya melihat pelayanannya sudah baik. Namun, ada beberapa pasien yang mengaku masih mendapat pelayanan yang kurang dari RS. Itu semua yang harus diperhatikan," kata Jokowi di Rumah Makan Dapoer Sunda, Jakarta, Kamis (22/11/2012).

Dengan melihat beberapa kekurangan tersebut, Jokowi merencanakan untuk memanggil seluruh direksi dan manajemen RSUD di DKI Jakarta. "Direksi akan saya kumpulkan. Mereka akan saya instruksikan untuk mengecek langsung anak buahnya karena memang tugas manajemen memang seperti itu, mengontrol dan memantau kinerja anak buahnya di lapangan," ujarnya.

Jokowi mengaku senang melihat antusiasme warga yang sangat tinggi saat ia melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Koja. Dari hasil tinjauannya itu, walaupun banyak warga yang mengeluh kepadanya terkait pelayanan yang lama dan kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, sebagian besar pasien mengatakan pelayanan rumah sakit sudah bagus dan bebas pungutan liar (pungli).

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi melakukan sidak ke RSUD Koja. Di sana, ia mempermudah pelayanan bagi beberapa pasien. Ada yang mengeluhkan lamanya pelayanan obat dan ada juga yang mengeluhkan susahnya mendapat pelayanan kesehatan gratis. Namun, setelah Jokowi memberikan tanda tangan dan menuliskan kata "harus dilayani", kemudian pasien-pasien tersebut langsung dapat dilayani oleh pihak rumah sakit.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com