Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Kedoya Selatan, Bantuan Mulai Didistribusikan

Kompas.com - 23/11/2012, 18:06 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantuan untuk warga yang tergenang banjir di Kedoya Selatan, Jakarta Barat mulai didistribusikan. Bantuan logistik untuk masyarakat diberikan dari bantuan pribadi, bantuan sosial, dan bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI).

"Untuk saat ini baru 6 posko banjir yang tersedia. Kalau pasokan makanan sudah terima 1.500 nasi bungkus," kata Hendra Hidayat, Camat Kebon Jeruk di Jakarta Barat, Jumat (23/11/2012).

Hendra melanjutkan, untuk logistik makanan, posko banjir ini tidak membuat dapur umum. Pihaknya hanya menerima nasi bungkus yang sudah matang agar mudah dibagikan kepada masyarakat yang terkena banjir.

Menurutnya, jika membuat dapur umum, daerah sekitar banjir Kedoya Selatan tidak memiliki cukup lahan. Belum lagi peralatan yang dibutuhkan sangat banyak, sehingga posko hanya terima bantuan nasi matang.

Saat ini, kata Hendra, bantuan nasi bungkus di drop dari rumah makan di sekitar lokasi kebanjiran. Satu mobil damkar dan satu perahu karet juga sudah disiapkan oleh Seksi Oprasional Penanggulangan Bencana Jakarta Barat.

Saat ini juga sudah didirikan 6 tenda pengungsian. Namun, dari pantauan Kompas.com, banyak warga yang belum mau meninggalkan rumahnya. Mereka lebih memilih tinggal di lantai dua rumah yang tidak terkena banjir.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Jalan Adikarya RW 5 Kedoya Selatan, Jakarta Barat sudah terendam banjir sejak kemarin sore akibat meluapnya Kali Pesanggrahan. Air dari anak Kali Pesanggrahan meluap jika hujan deras turun dari arah hulu di Bogor dan Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com