Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituding Hambat Jokowi, Ini Jawaban DPRD DKI

Kompas.com - 07/12/2012, 15:48 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan menampik tudingan bahwa dirinya sengaja menghambat waktu pengesahan anggaran DKI untuk tahun 2013. Baginya, proses pembahasan anggaran tak bisa diprediksi akan berjalan cepat atau sebaliknya.

"Sama sekali DPRD tidak menghambat. Kegiatan pembahasan itu proses, bisa cepat, bisa lambat, dan saya yang bertanggung jawab supaya pembahasan ini dapat berkualitas," kata Ferrial di gedung DPRD Jakarta, Jumat (7/12/2012).

Dia mengatakan, kunci skema anggaran untuk menjalankan seluruh program DKI pada tahun depan ada dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Nantinya, kelahiran Rancangan APBD atau ketika disahkan menjadi APBD sangat dipengaruhi oleh kualitas dalam KUA-PPAS tersebut.

Suatu kegiatan dalam pembangunan, kata dia, harus bisa dilaksanakan saat semua masalah administrasi dan keuangannya telah memenuhi persyaratan. Bila tak teliti, dia khawatir nantinya akan muncul masalah dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan.

"Sekarang, kan, banyak program baru. Sesuatu yang luar biasa ini harus diperhatikan, dan memenuhi persyaratan," ujarnya.

Untuk diketahui, kesalapahaman belum dicapai di level legislatif atas empat program Joko Widodo. Yakni mengenai mekanisme hibah bus, sumber dana Kartu Jakarta Sehat (KJS), pembangunan jalan layang non-tol dari Ciledug sampai Blok M, dan penataan kampung.

Berita terkait, baca : 100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com