Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Darah untuk Ungkap Pelaku Arisan PSK

Kompas.com - 08/12/2012, 08:32 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Nasional (Dispendik) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berupaya mengungkap identitas dan asal sekolah para pelajar yang dikabarkan menggelar arisan PSK, di bekas Lokalisasi Gunung Sampan, Desa Kotakan, Kecamatan Kota.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan tes darah terhadap para siswa SMA dan SMK  di seluruh Kabupaten Situbondo.

Kepala Dispendik Situbondo Fathorrahman mengatakan meksi informasi arisan PSK itu belum tentu kebenarannya, pihaknya langsung mengumpulkan seluruh kepala SMA dan SMK.

"Dalam pertemuan dengan kepala SMA/SMK, kami menghimbau untuk tes darah terhadap para siswanya. Alhamdulillah para kepala sekolah setuju, itu untuk mengetahui kebenaran siswa SMA yang mem-booking PSK, yang telah terjangkit HIV/AIDS, sebagaimana ditemukan oleh KPA," katanya, Jumat (7/12/2012).

Fathorrahman juga meminta para kepala sekolah melakukan pembinaan mental di sekolahnya masing-masing, dengan cara memberikan pendidikan agama setiap pekannya.

"Kami juga berharap agar lebih mengoptimalkan konseling dan guru untuk mencermarti perilaku siswanya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, KPA setempat menemukan adanya sejumlah pelajar SMA yang menggelar arisan tiap pekan untuk memesan PSK.

Perilaku menyimpang itu terkuak berdasarkan pengakuan seorang PSK penderita HIV/AIDS, yang sering melayani para pelajar tersebut. K18-11

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com