Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditunggu Solusi untuk Penumpang KRL Bekasi-Tanah Abang

Kompas.com - 10/12/2012, 10:30 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harapan penumpang KRL lintasan Bekasi-Tanah Abang untuk memperoleh solusi atas masalah layanan KRL belum bisa dipenuhi oleh PT KAI. Penyebabnya, KRL khusus yang disediakan untuk penumpang jurusan Tanah Abang belum dimanfaatkan secara maksimal.

"Kami tahu keluhan mereka dan sudah kami siapkan KRL khusus. Tapi, KRL khusus ini belum dimanfaatkan," kata Hariyanto, Kepala Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012).

Masalah yang muncul sejak diberlakukannya rute Loopline oleh PT KAI adalah dipangkasnya perjalanan KRL dari Bekasi dari 49 menjadi 37 perjalanan. Selain itu, KRL langsung dari Bekasi menuju Tanah Abang dihilangkan. Penumpang KRL jurusan tersebut diharuskan melakukan transit di Stasiun Manggarai. Alhasil, aksi protes sejumlah penumpang sempat terjadi pada Kamis (6/12/2012) lalu.

"Kami keberatan karena harus pindah ke kereta dari Bogor yang sudah penuh sekali. Kasihan ibu-ibu yang terpaksa harus memaksa masuk dalam kondisi seperti itu," kata Ivan, salah seorang penumpang Bekasi yang ditemui Kompas.com di Lintasan 5 Stasiun Manggarai.

Menanggapi keluhan tersebut Hariyanto menyatakan, PT KAI belum mempertimbangkan solusi lainnya. Ia menekankan, empat perjalanan KRL telah disediakan di Stasiun Manggarai pada jam-jam sibuk di pagi hari untuk memfasilitasi kebutuhan penumpang ke jurusan Tanah Abang. Keempat perjalanan KRL di pagi hari masing-masing pada pukul 06.40, 06.55, 07.20, 08.11.

"Begitu juga malam hari kami sediakan empat perjalanan KRL. Tapi, keretanya paling terisi separuhnya saja," kata Hariyanto.

Dalam pandangan Hariyanto, penumpang KRL dari arah Bekasi enggan menyesuaikan diri dengan waktu keberangkatan KRL khusus yang telah disediakan. Kebanyakan penumpang lebih memilih langsung beralih ke KRL Bogor-Tanah Abang yang kondisinya sudah penuh.

"Penumpang pinginnya cepat-cepat, turun dari yang satu langsung lompat ke yang lain. Padahal, KRL khususnya masih kosong," kata Hariyanto.

Baca juga :

- Perjalanan KRL Terhambat di Stasiun Manggarai

- Penumpang KRL Disarankan Cari Angkutan Lain

-

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com