Kompas.com - 12/12/2012, 14:58 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan memberdayagunakan Mal UKM di belakang Thamrin City, Jakarta Pusat, untuk dijadikan sebagai Jakarta Craft Center sebagai media para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk dapat memperjualbelikan hasil kreatif produk asli Indonesia.

"Saya tadi sambil jalan berpikir itu yang UKM Centre kita itu mungkin akan kami khususkan untuk handicraft. Lokasinya nanti yang ada di belakang Thamrin yang kemarin kami lihat khusus untuk produk-produk handicraft," kata Jokowi, di JCC, Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Mal UKM itu, kata dia, sudah ada gedungnya enam lantai dan hanya tinggal direnovasi mana saja yang perlu untuk direnovasi. Karena Mal UKM itu sudah tidak beroperasi sejak tahun 2010. Selain itu, Jokowi mengatakan perlu adanya seleksi untuk UKM-UKM mana saja yang akan masuk di Mal UKM tersebut.

"Apa pun yang masuk perlu diseleksi sehingga produk-produknya ada yang segmentasi harganya yang bawah, ada segmentasi kelas yang atas. Nanti kami bagi-bagi," kata Jokowi.

Saat ditanyakan terkait acara yang dia resmikan, yaitu Crafina 2012, Jokowi yang memang berasal dari kalangan pengusaha mengaku sudah puluhan tahun mengikuti pameran. "Saya 23 tahun ikut pameran. Setahun bisa 5 sampai 6 kali ikut. Sebab, produk itu kalau enggak dipamerkan dan dipajang untuk diketahui, enggak mungkin kita tahu. Ya tesnya seperti itu. Laku apa tidak? Oleh karena itu, kami buka pameran," kata Jokowi.

Sementara itu, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Gusmadi Bustami mengharapkan pola mitra binaan dapat terus dikembangkan oleh pemerintah daerah, termasuk untuk Ibu Kota. "Dengan fokus pembinaannya pada pemasaran, pangsa pasar, dan peningkatan kualitas produk supaya para perajin dapat menjadi pengusaha andal dan mandiri," kata Gusmadi.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.