Kompas.com - 22/12/2012, 00:58 WIB
|
EditorFarid Assifa

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, seluruh penjuru kota Jakarta macet total. Hingga sekitar pukul 22.30 WIB, sejumlah jalan di Ibu Kota masih dipenuhi kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Di Jalan Gatot Subroto misalnya, jalan di depan gedung DPR RI mengarah Grogol dan sebaliknya, terlihat masih padat kendaraan. Akibatnya, jalan dari arah Senayan menuju Jalan Gatot Subroto tersendat di jembatan layang TVRI.

"Tadi jam 14.00 aja udah macet banget di depan Polda," keluh Didi, kernet bus P6 jurusan Grogol-Kampung Rambutan, Jumat (21/12/2012).

Peristiwa serupa juga terjadi di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin menuju Harmoni. Rata-rata kecepatan mobil yang melintasi jalan ini hanya sekitar 30 km/jam.

"Sengaja saya keluar kantor jam-jam malam gini untuk menghindari macet, tapi sama aja. Kecepatan hanya 30 maksimal," kata Deandra, seorang pengendara mobil sambil menunjukkan spidometer.

Salah seorang polisi lalu lintas M Taufik yang sedang bertugas di kawasan Bundaran HI mengatakan, kendaraan sudah memenuhi jalan Jenderal Sudirman sejak siang tadi. "Dari siang memang sudah macet, mungkin karena besok pada libur. Ditambah tadi banjir di sini (menunjuk Hotel Mandarin).

Menurut Taufik, salah seorang pengendara motor sempat menunjukkan kekesalan karena macet dengan berteriak, "Bilangin sama Jokowi (Gubernur DKI Jakarta, red), kok malah tambah macet ini."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.