Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: 2013, Tranportasi Jakarta Gunakan "E-Money"

Kompas.com - 26/12/2012, 15:58 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menerapkan sistem e-money pada bus Transjakarta dan semua bus yang terintegrasi masuk ke jalur busway. Hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah kebocoran yang menimpa tata kelola tiket di Transjakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, rencana ini akan diluncurkan pada Januari 2013. Diharapkan, semua halte bus Transjakarta yang mencapai 216 buah sudah dilengkapi dengan perangkat pendukung e-money pada Maret 2013.

Dengan e-money, para pengguna krtu dapat menyuntikkan saldo melalui transfer dari masing-masing bank. Dengan begitu, calon penumpang hanya perlu menempelkan kartu saat hendak menaiki bus. Sistem e-money telah lebih dulu dijalankan di Solo dan DI Yogyakarta.

"Pak Gubernur minta 2013 semua transportasi Jakarta telah menggunakan e-money. Jadi kita minta bank untuk membantu tanpa kita keluarkan uang," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Ia menjelaskan, untuk mendukung pengadaan kartu dan layanan e-money di Jakarta diperlukan dukungan lebih dari satu bank. Pasalnya, Bank DKI yang telah lebih dulu menjalankan program serupa dinilai masih belum optimal dari sisi hasil.

"Jadi kalau kita bicara e-money kita berbicara jumlah, jumlah nasabah. Kalau terlalu dikit, kita tekor. Makanya Kita minta libatkan Bank Mandiri, BRI, BCA, dan BNI," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com