Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perintahkan Dinas PU Segera Pasang Pompa

Kompas.com - 26/12/2012, 16:46 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengantisipasi datangnya banjir di wilayah Ibu Kota, terutama yang berada di jalan protokol, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum untuk segera memasang pompa di empat titik yang tersebar.

"Tadi kan saya suruh untuk pasang pompa. Ini pasang pompa untuk dapat ditarik ke Kali Cideng dan Waduk Melati," kata Jokowi saat meninjau gorong-gorong di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2012).

Adapun empat titik yang dipasang pompa itu adalah Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Universitas Trisakti, dan Senayan. Pompa-pompa yang dipasang di empat lokasi tersebut adalah kepemilikan Dinas PU dan Dinas Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana (Damkar PB).

"Baru saja kita perintah sore ini dipasang, semua pompa yang kita punya disebar. Sama nanti saya suruh buka pintu gorong-gorongnya, nanti dijagain juga," kata Jokowi.

Sementara itu, untuk antisipasi jangka panjang, Jokowi mengatakan akan berupaya untuk memperbesar diameter gorong-gorong. Dalam tinjauannya, setelah masuk dan melihat keadaan gorong-gorong dan saluran air, Jokowi merasa diameter gorong-gorong itu terlalu kecil, yaitu selebar 60 cm.

Besaran diameter gorong-gorong itu, kata Jokowi, mungkin masih mencukupi apabila intensitas curah hujannya normal. Namun, apabila intensitas curah hujan tinggi, besar kemungkinan akan terjadi genangan di Jalan Sudirman-Thamrin seperti beberapa waktu lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com