Kompas.com - 28/12/2012, 05:30 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

SINGAPURA, KOMPAS.com — Operator Taksi Singapura, Comfort DelGro, memecat sopir taksinya yang kedapatan menonton video mesum ketika sedang mengemudi. Perbuatan sopir taksi ini sendiri dilaporkan oleh Zheng Xi Zhi, penumpang yang sedang dibawa sopir itu. Dalam surat pembaca yang dikirimnya ke harian Mandarin, Lianhe Zaobao, Zheng menuliskan bagaimana dia mendapati sopir itu sedang menonton video di ponselnya. Zheng mengeluhkan kelakuan mesum sopir itu, yang sangat tidak beretika dan membahayakan keselamatan penumpang.

"Video tersebut sangat berisik disertai dengan adegan sensual yang terlihat dengan eksplisit," urai Zheng.

Zheng mengatakan kelegaannya bahwa cucunya tidak ikut bersamanya di taksi itu. "Saya tidak dapat membayangkan jika cucu saya ada di taksi, mungkin saya harus menutup matanya," katanya.

Juru bicara Comfort DelGro, Tammy Tan, dalam rilisnya menjelaskan bahwa sopir tersebut telah dipecat. Tammy mengatakan bahwa mereka tidak akan menoleransi sedikit pun tindakan sopir yang membahayakan keselamatan penumpang, termasuk menonton video, apalagi video mesum yang jelas-jelas sangat tidak mendidik.

Tidak sekali ini, operator taksi ternama itu memecat sopirnya gara-gara menonton video. Desember tahun lalu, Comfort "menendang" keluar sopirnya yang sedang browsing video di ponselnya ketika sedang membawa penumpang. Undang-undang Lalu Lintas Singapura sendiri dalam Pasal 65 menyatakan menonton video di ponsel ketika sedang mengemudi merupakan pelanggaran serius yang membahayakan keselamatan penumpang. Hukuman yang dapat dijatuhkan adalah denda 1.000 dollar Singapura (sekitar Rp 8 juta) dan penjara maksimal 6 bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.