Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Telusuri Jual-beli Rusun Marunda

Kompas.com - 07/01/2013, 17:12 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menelusuri dugaan adanya jual beli rumah susun sewa di Marunda, Jakarta Utara. Menurut dia kemungkinan seperti itu bisa saja terjadi. Karena itu dia berjanji terus mengontrol, mengecek, dan menyelesaikan temuan persoalan seperti dugaan praktek jual beli rusun.

"Kalau ada yang tidak benar, akan kita bereskan. Itulah perlunya manajemen lapangan, manajemen kontrol, dan menejemen cek," tutur Jokowi kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Senin (7/1/2013).

Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan verivikasi terhadap calon penguni rusun. Bagi pemohon yang tidak lolos verivikasi, disarankan mengajukan permohonan pada rusun lain yang membuka pendataran di Jakarta Timur. Rusun yang dimaksud adalah Rusun Pulo Gebang dan Rusun Cipinang Besar Selatan.

Sejalan program ini, Pemprov DKI Jakarta memperbaiki semua blok di Rusun Marunda. Pemerintah sedang melenkapi beberapa sarana seperti kemudahan akses transportasi, Puskesmas, sarana sanitasi, dan pasar tradisional. Rusun tersebut sudah mangkrak lebih dari lima tahun.

Dari 26 blok yang ada,19 blok di antaranya tidak terpakai. Gubernur berharap blok rusun yang tidak terpakai, bisa dapat dihuni warga yang membutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com