Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada yang Melihat Kehadiran Mobil Rasyid di Tebet

Kompas.com - 07/01/2013, 23:49 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para penjaga portal-portal kompleks perumahan di Jalan Tebet Barat mengaku tidak melihat kehadiran mobil BMW X5 B 272 HR yang dikemudikan M. Rasyid Amrullah Rajasa (22) pada malam Tahun Baru.

"Semua portal di sini ditutup serentak jam 11 malam. Semua mobil yang masuk kami catat. Jadi, kalau mobilnya masuk ke sini, pasti ketahuan. Coba tanya ke pacarnya aja apa benar dia (Rasyid) ke mari," kata Sarwo Edhi, koordinator petugas keamanan di RT 10 RW 05 Tebet Barat, Jakarta Selatan, saat ditemui, Senin (7/1/2013) malam.

Rasyid sebelumnya mengaku menghabiskan malam Tahun Baru bersama pacarnya Prilla Kinanti Irawan. Dari sebuah lokasi nongkrong di Kemang, ia mengantarkan Prilla ke rumahnya pada sekitar pukul 01.00 dini hari tanggal 1 Januari. Selanjutnya, keduanya ngobrol di rumah yang terletak di Jalan Tebet Barat XI hingga sekitar pukul 05.00 WIB.

Akses menuju rumah dengan pagar kayu yang dicat putih yang ditempati Prilla dan keluarganya itu dikelilingi sejumlah portal. Dari arah Jalan Tebet Barat XII, terdapat portal yang dijaga Sarwo dan rekan-rekannya.

Untuk portal di dekat pertigaan Jalan Tebet Barat XI dan Tebet Barat Raya, terdapat sebuah portal lagi. Tak jauh dari situ, terdapat portal lagi di Jalan Tebet Barat Raya. Kedua portal ini dijaga oleh Toto dan Mahmudi secara bergantian.

"Kalau portal ini ditutup mati jam 23.00. Warga sini sudah tahu, jadi enggak lewat sini. Jadi, kalau benar dia ke sini pasti lewat portal yang dijaga Toto dan Mahmudi," terang Sarwo.

Keterangan Sarwo dibenarkan rekannya Wahyudi. Ia menjelaskan, pada malam pergantian tahun hingga pagi hari, ia yang menjaga portal di sekitar taman RW 05 Tebet Barat. Namun, Yudi, sapaan Wahyudi, mengaku tidak melihat kehadiran mobil BMW selepas tengah malam di rumah Prilla.

"Warga sini cuma satu orang yang pakai BMW. Jadi, kalau ada BMW lain yang masuk pasti kami tahu," ujar Yudi memastikan.

Saat ditemui di pos jaga, Toto pun mengaku tidak melihat kehadiran BMW Rasyid. Tak hanya itu, mobil tersebut pun sejauh ini belum pernah dilihatnya berada di sekitar rumah Prilla. Ia mengaku bersama Mahmudi sudah mengenal baik semua mobil milik warga.

"Jadi, kalau ada mobil orang luar yang masuk, pasti kami tanyain. Kayaknya nggak mungkin lolos dari pantauan karena kompleks ini dikelilingi portal," terang Toto.

Keterangan yang sama juga diperoleh dari Slamet, pemilik warung, yang terletak di antara rumah Prilla dan portal. Slamet mengaku begadang hingga pagi pada malam Tahun Baru. Meski demikian, ia dan rekan-rekannya yang berkumpul di lokasi yang berjarak belasan meter dari rumah Prilla tak melihat kedatangan maupun kepulangan mobil BMW yang dikemudikan Rasyid.

"Iya sudah dengar dari TV. Tapi, kami tidak lihat dia di sini, padahal kami nongkrong sampai pagi," tutur Slamet.

Ia menjelaskan, jika benar Rasyid datang sekitar pukul 01.00, akses menuju rumah Prilla pasti melintas di depan warungnya. Pasalnya, portal dari arah RS Tebet ditutup, termasuk untuk warga RW 05. Senada dengan para penjaga portal, Slamet tidak yakin, Rasyid berada di rumah Prilla seusai malam pergantian tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com