Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokobagus.com Belum Siap Jelaskan Kasus Iklan Penjualan Bayi

Kompas.com - 09/01/2013, 19:23 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ichwan S dari humas situs e-commerce Tokobagus.com telah mendatangi penyidik Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terkait iklan penjualan bayi yang sempat terpasang di laman situs tersebut.

Namun, menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, kedatangan Ichwan S ternyata untuk menyampaikan bahwa mereka belum siap memberikan keterangan.

"Memang tadi ada perwakilan yang datang, tetapi tujuannya meminta waktu untuk menyiapkan diri. Jadi, nanti dari penyidik akan menyiapkan pemanggilan kedua," kata Rikwanto, Rabu (9/1/2013).

Panggilan yang dilayangkan kepada Tokobagus memang secara khusus ditujukan kepada manajer TI dan pemilik situs. Menurut Rikwanto, berdasarkan koordinasi awal yang dilakukan dengan Tokobagus, terdapat beberapa konten yang masuk ke laman situs tanpa melalui proses filter yang seharusnya.

"Seharusnya sebelum bisa tayang, ada pengecekan terhadap kesesuaian format, tetapi ini terlewatkan," kata Rikwanto.

Meski demikian, sampai saat ini Tokobagus belum menghadapi ancaman jerat pidana apa pun sampai pihak penyidik berhasil menelusuri cara serta pihak yang memasukkan iklan penjualan bayi di situs tersebut.

Iklan penjualan bayi tersebut pertama kali muncul di laman situs Tokobagus pada Senin (31/12/2012) dan menghilang beberapa hari kemudian atau tepatnya Kamis (3/1/2013).

Meski demikian, sampai iklan tersebut dihapus, belum ada catatan transaksi yang terjadi. Adapun identitas pemasang iklan tersebut masih dalam penelusuran pihak kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com