Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Bus Transjakarta Lepas, Operator Kena Sanksi

Kompas.com - 14/01/2013, 21:42 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Fakta memprihatinkan soal kondisi transportasi publik di Jakarta kembali terlihat. Pintu bus transjakarta lepas dan menimpa dua mobil pribadi di Jalan HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, pagi tadi.

"Kejadiannya pagi sekitar pukul 10.30 WIB di Jalan Rasuna Said arah Harmoni. Pintunya lepas dan kena dua mobil yang lewat," terang Kepala Humas BLU Transjakarta Sri Ulina, saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/1/2013).

Ia menjelaskan, pintu yang lepas adalah pintu darurat di bagian belakang bus jurusan Ragunan-Harmoni. Kondisi pintu rusak sejak sebelum dioperasikan pada Senin ini. Pintu tersebut tidak dapat digeser dan hanya diikat dengan tali. "Kami tidak tahu mengapa dalam kondisi seperti itu masih dioperasikan. Karena itu, operator pasti akan diberi sanksi karena mengoperasikan bus yang dalam kondisi tidak aman," kata Lili.

Diterangkan Lili, saat kejadian, bus yang dioperasikan PT Jakarta Express Trans (JET) itu sedang mengangkut sekitar 10 penumpang. Sewaktu melaju di jalur cepat, pintu darurat tiba-tiba lepas. Beruntung tidak jatuh korban dalam peristiwa tersebut.

"Tapi pintunya sempat kena dua mobil, satunya Avanza yang kena di bodi sampai lecet, yang satu lagi mobil Timor, kena di bannya sehingga bannya langsung bocor," sambung Lili.

Operator bus bersangkutan sudah diperintahkan memberikan kompensasi untuk mengganti biaya perbaikan kedua mobil. Sementara itu, untuk mengantisipasi tak terulangnya kejadian serupa, Lili menjelaskan, BLU akan meningkatkan pengawasan terhadap bus-bus transjakarta yang sebelum dioperasikan.

"Pengecekan kondisi bus sebelum dioperasikan akan diperketat," pungkas Lili.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com