Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Apresiasi Penumpang Bubarkan Blokade Jalur KRL

Kompas.com - 14/01/2013, 22:08 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi I (Daop I) Jakarta Mateta Rizalulhaq mengatakan, lalu lintas perjalanan kereta rel listrik yang sempat terganggu akibat diblokir para pedagang dan mahasiswa, sejak pukul 17.20 WIB tadi sudah berangsur normal. Ia mengapresiasi peran penumpang KRL yang membantu dibukanya kembali jalur perjalanan KRL tersebut.

"Sejak pukul 17.20 WIB perjalanan kereta sudah normal. Ini terjadi setelah penumpang dari arah Jakarta berjalan dari Stasiun UI ke Stasiun Pondok Cina dan mereka yang membersihkan jalur yang sudah ditutupi itu," kata Mateta, Senin (14/1/2013) malam.

Mateta menyesalkan aksi penutupan jalur KRL yang dilakukan oleh para pedagang dan mahasiswa yang telah merugikan banyak pihak dan telah mengganggu perjalanan KRL. Selain itu, penutupan rel kereta dengan berbagai benda itu sudah mengganggu keamanan perjalanan kereta. Ia mengucapkan terima kasih kepada para penumpang yang sudah membubarkan penutupan jalur KRL tersebut.

"PT KAI mengucapkan terima kasih karena masyarakat (penumpang) ikut menjalankan UU 23 tahun 2007 Pasal 173 tentang perkeretaapian di mana masyarakat wajib ikut serta menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan penyelenggaraan perkerataapian karena hal itu sudah mengganggu ketertiban dan keamanan," ujar Mateta.

Penutupan jalur kereta itu dilakukan saat pedagang serta warga berdemontrasi menentang larangan bagi pedagang untuk berjualan di Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat. Akibat aksi massa itu, sejumlah perjalanan kereta api menuju maupun dari arah Bogor menjadi lumpuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com