Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputusan MRT Diumumkan Pukul 13.00

Kompas.com - 15/01/2013, 11:03 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembagian beban investasi proyek MRT (mass rapit transit) di Jakarta akan diputuskan dan diumumkan Selasa (15/1/2013) siang ini. Keputusan akan diumumkan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dalam keterangan pers di Kantor Kementerian Perekonomian di Jakarta pukul 13.00 WIB.     

Menurut staf humas Kementerian Perekonomian, Sofyan, sebelum menggelar jumpa pers, Hatta Rajasa akan menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah menteri untuk memutuskan soal proyek MRT sekitar pukul 12.00 WIB. Agenda utamanya adalah memutuskan skema pembagian beban investasi antara pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Rapat digelar di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian. Menteri yang dijadwalkan hadir adalah Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Salsiah Alisjahbana, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Pembagian beban investasi proyek MRT antara pusat dan daerah awalnya disepakati 48-52. Belakangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta agar skema pembagian tersebut diubah 60-40. Alasannya skema awal memberatkan keuangan Jakarta. Joko Widodo berprinsip, porsi pusat semestinya lebih besar daripada daerah. Alasannya, pusat memiliki anggaran yang jauh lebih besar. Di samping itu, proyek MRT bukan sebatas kepentingan Jakarta semata, melainkan juga menyangkut kawasan megapolitan.     

Jika skema baru nanti yang diumumkan dapat diterima Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rabu besok Joko Widodo langsung akan mengumumkan pemenang tender. Dengan demikian, pekerjaan proyek MRT tahap I bisa segera dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com