Kompas.com - 16/01/2013, 12:02 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan petugas gabungan dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP, sejak pagi, Rabu (16/1/2013) dikerahkan untuk menjaga sejumlah tempat yang dijadikan sebagai lokasi unjuk rasa buruh dari Bekasi.

Untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa buruh, Polda Metro Jaya menerjunkan sedikitnya 9.000 personel gabungan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Rikwanto mengatakan, massa buruh terlebih dahulu akan menyampaikan orasinya di depan Mapolda Metro Jaya, kemudian mereka akan bergeser menuju Bundaran HI, Istana Negara, Balaikota DKI, Kantor Kementrian BUMN, Kementerian ESDM, dan Kemenakertrans.

"Tuntutan mereka masih sama seperti yang dulu, yaitu penghapusan sistem kerja kontrak," ujarnya.

Sementara itu, untuk menghindari kemacetaan yang diperkirakan terjadi akibat adanya aksi unjuk rasa tersebut, pihak kepolian menghimbau kepada warga agar jangan melintas di jalur yang akan menjadi lintasan para buruh.

"Kami menghimbau agar warga berhati-hati, karena diperdiksi peserta aksi akan jalan kaki sehingga kemingkanan akan menyebabkan kemacetan," kata Widrlantas Polda Metro Jaya, AKBP Wahyono.

Berikut jalan-jalan yang harus dihindari oleh warga:

1. Agar hindari Jl. Jend Sudirman arah selatan (pada jalur lambat), Jl. MH. Thamrin, Jl. Medan Merdeka Utara (MMU), Jl. Medan Merdeka Selatan (MMS), Jl. Gatot Subroto stlh TL Kuningan arah timur

2. Untuk mengurangi terjadinya kepadatan arus lalin pada ruas jalan tersebut, gunakan rute pendekat menuju/dari ruas jalan.

3. Ikuti petunjuk/arahan petugas Polri (Polantas) di jalan dalam penjagaan & pengaturan arus lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.