Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.121 KK di Kebon Jeruk Terendam Banjir

Kompas.com - 16/01/2013, 18:28 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir merendam Kelurahan Kedoya Utara dan Kedoya Selatan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sebanyak 4.121 kepala keluarga terendam banjir dari 43 RT di dua kelurahan tersebut.

"Kalau di Kebon Jeruk titik banjirnya yang parah ada di Kedoya Selatan dan Kedoya Utara. Sedangkan di Sukabumi Selatan hanya sekitar 80 jiwa yang rumahnya terendam banjir," kata Hendra Hidayat, Camat Kebon Jeruk di Kedoya Utara pada Rabu (16/1/2013) siang.

Banjir di Kedoya Utara, kata Hendra, merendam 2 RW yaitu RW 02 dan RW 08. Di RW 02 terdapat 15 RT yang terdiri dari 4.087 jiwa pada 1.371 kepala keluarga. Ketinggian air di permukiman warga berbeda-beda, rata-rata setinggi 80 - 100 sentimeter. Sedangkan di Kedoya Selatan, kata Hendra, terdapat 14 RT di RW 05 yang terendam banjir.

Wilayah tersebut dikepung oleh kali pesanggrahan dan lokasi permukiman warga berada di bawah permukaan kali. Ketinggian air rata-rata mencapai 1 - 1,5 meter. Jumlah kepala keluarga mencapai 2.750 dengan jumlah jiwa sekitar 5.450 orang.

Hendra mengatakan, khusus komplek Green Garden terdapat 4 RW yang terendam banjir. Lokasi tersebut berada di RW 03, 04, 09 dan 10. Rata-rata ketinggian air mencapai 50 cm, sedangkan banjir di lampu merah Green Garden depan McDonald's mencapai ketinggian 1 meter.

Bantuan sudah diberikan oleh koordinator Palang Merah Indonesia, PDI Perjuangan, Sudin dan Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas Sosial DKI. Selain itu, bantuan WC mobil juga akan segera datang untuk membantu kebutuhan pengungsi. Sebanyak satu unit mobil besar dengan dua pintu kamar mandi akan siap di Kedoya Utara.

"Nanti mobil WC mau dikirimkan, tapi cuma satu unit mobil. Soalnya kan yang punya dinas provinsi saja, jadi dibagi-bagi dengan wilayah lain," kata Hendra.

Embay, salah satu warga di RW 08 Kedoya Utara mengatakan, dirinya belum mendapatkan bantuan sama sekali. Sejak banjir menggenangi rumahnya setinggi satu meter, dia belum mendapatkan bantuan makanan ataupun bantuan lainnya.

"Dari kemarin belum ada bantuan sama sekali. Makanan juga enggak. Tadi ketemu Pak Camat, kami minta dibeliin mi instan saja satu bungkus, tapi katanya nanti diberi makan," kata Embay.

Sebelumnya, selain Kedoya Utara dan Kedoya Selatan, wilayah lain yang terkena banjir di Jakarta Barat berada di Pesing, Wijaya Kusuma, Rawa Buaya, dan Kapuk di Cengkareng.

Berita terkait, baca :

BANJIR RENDAM JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com