Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Server Tokobagus 3 Terabyte, Penyidikan Butuh Seminggu

Kompas.com - 22/01/2013, 21:56 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya membutuhkan waktu paling lama seminggu untuk mengkaji hasil pemeriksaan terhadap server situs e-commerce TokoBagus.com terkait iklan penjualan bayi. Pemeriksaan tersebut sudah dilaksanakan hari Selasa (21/1/2013).

"Kapasitas server 3 terabyte, jadi membutuhkan waktu 3 sampai 7 hari untuk dikaji oleh penyidik," jelas Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Selasa (22/1/2013).

Menurut Rikwanto, hasil pemeriksaan server tersebut akan disesuaikan dengan keterangan dari pemilik Tokobagus.com, manager IT, dan operator pelaksana harian yang sudah lebih dulu diperiksa.

Penyidik pun tidak menutup kemungkinan mendatangkan saksi ahli bidang TI untuk membantu penyidikan kasus ini.

"Tapi masih terlalu dini untuk kasus tersebut masuk ke ranah pelanggaran UU ITE," kata Rikwanto.

Iklan penjualan bayi tersebut pertama kali muncul di laman situs Tokobagus pada Senin (31/12/2012) dan menghilang beberapa hari kemudian atau tepatnya Kamis (3/1/2013).

Meski demikian, sampai iklan tersebut dihapus, belum ada catatan transaksi yang terjadi. Adapun identitas pemasang iklan tersebut masih dalam penelusuran pihak kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com