Polisi Selidiki Temuan Ladang Khat di Banyumas

Kompas.com - 05/02/2013, 03:36 WIB
Editor

BANYUMAS, KOMPAS - Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, menyelidiki temuan kebun seluas 2.100 meter persegi yang diduga dipenuhi tumbuhan khat. Tumbuhan tersebut mengandung senyawa katinona dan termasuk zat psikotropika terlarang. Tumbuhan itu ditemukan di kebun yang disewakan warga kepada seorang pengusaha keturunan Arab di Dusun Munggangsari, Desa Karangsalam, Baturraden.

Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Dwiyono, Senin (4/2), mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan setempat yang menemukan tanaman mirip dengan pohon khat. ”Kami ambil sampelnya untuk diuji di laboratorium kriminal,” katanya.

Tanaman khat termasuk ordo Celastrales dan famili Celastraceae serta memiliki nama latin Catha edulis. Tanaman khat termasuk dalam jenis tanaman semak dengan masa pertumbuhannya yang lambat. Jika diolah menjadi narkotika biasa disebut katinona yang tergolong ke dalam obat-obatan terlarang golongan I dalam Undang-Undang Pengawasan Psikotropika di Indonesia karena mengandung monoamina alkaloid.

Curiga

Kepala Dusun Munggangsari Sisworo mengaku, awalnya ia curiga adanya tanaman khat di desanya saat melihat tayangan di televisi terkait pemberitaan pesohor Indonesia yang mengonsumsi narkotika hasil ekstrak senyawa tumbuhan tersebut. ”Saat melihat tayangan televisi, saya ingat kalau sempat melihat tanaman tersebut. Saya lalu mencari informasi di internet dan ternyata tanaman itu mirip dengan tanaman khat,” ujarnya.

Dugaan itu dikuatkan temuan ladang tanaman sejenis di daerah Puncak Bogor oleh Badan Narkotika Nasional beberapa hari lalu. Dari informasi itu, Sisworo tahu tanaman ini tumbuh di ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut seperti halnya Baturraden, lereng Gunung Slamet. (GRE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.