Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelintasan KA Sungai Buluh Membahayakan Pengendara

Kompas.com - 06/02/2013, 17:44 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANGPARIAMAN, KOMPAS.com — Pelintasan kereta api dengan sebagian rel menonjol di atas permukaan jalan yang berada di kawasan Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, membahayakan pengendara sepeda motor. Hal itu dialami Kompas saat melintasi lokasi itu Rabu (6/2/2013).

Bagian rel menonjol yang tidak rata dengan permukaan jalan di sekelilingnya dan diaspal sekenanya membuat keseimbangan berkendara hilang. Kondisi itu terutama terjadi pada ruas dari arah Bukittinggi menuju Padang.

Dalam rentang sekitar 15 menit berikutnya, seorang pengendara lain yang membawa anak kecil juga nyaris kehilangan keseimbangan setelah melintasi lokasi tersebut. Beruntung, truk yang di belakangnya bergerak dalam kecepatan relatif rendah.

Basri, seorang warga pemilik kedai yang tinggal persis di dekat pelintasan tersebut, menyebutkan, belasan sampai puluhan pengendara sepeda motor jatuh di lokasi itu setiap hari. Menurut dia, kondisi itu sudah berlangsung lebih dari lima tahun tanpa penanganan berarti.

Jumlah pengendara sepeda motor yang terjatuh dan terpelanting lebih banyak saat hujan. "Selain menderita luka-luka, sebagian pengendara yang sebelumnya jatuh di lokasi itu juga ada yang mengalami patah tulang," kata Basri.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com