Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTP Lama Rawan Disalahgunakan

Kompas.com - 14/02/2013, 03:38 WIB

Jakarta, Kompas - Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Sonny Harry B Harmadi mengatakan, penyimpanan KTP lama di kelurahan rawan penyalahgunaan. KTP itu bisa digunakan untuk tindak kejahatan atau kegiatan politik.

”Misalnya untuk kepentingan pemilihan kepala daerah yang mensyaratkan KTP dalam jumlah tertentu dari calon perseorangan,” kata Sonny, Rabu (13/2), di Jakarta.

Penukaran KTP lama dengan KTP elektronik harus berlangsung ketat karena menyangkut identitas pribadi seseorang. Lebih baik KTP lama langsung dimusnahkan di depan warga yang menerima KTP elektronik.

”Jika tidak, KTP lama sebaiknya diberi tanda cacat agar tidak bisa terpakai lagi untuk kepentingan apa pun,” ujarnya.

Menurut dia, banyak petugas kependudukan yang mengabaikan potensi penyalahgunaan KTP. Hal ini terjadi karena petugas yang kurang menerima sosialisasi atau ada kesengajaan ingin menyalahgunakan data kependudukan tersebut.

Niat pemerintah untuk memudahkan pelayanan publik sebaiknya dilakukan tanpa mengabaikan asas kehati-hatian. ”Pihak kelurahan, RT maupun RW, sebaiknya tahu betapa pentingnya dokumen kependudukan seseorang,” ucapnya.

Disimpan di kelurahan

Sebanyak 5,4 juta KTP lama yang telah ditukarkan dengan KTP elektronik sampai saat ini masih tersimpan di seluruh kelurahan di Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI belum dapat memusnahkan dokumen itu karena permintaan Kementerian Dalam Negeri agar tidak memusnahkan KTP lama.

Pemusnahan dokumen itu baru dilakukan awal tahun depan seiring dengan pemberlakuan KTP elektronik. ”KTP lama memang masih kami simpan di kelurahan. Ada petugas khusus yang menjaganya di dalam lemari arsip. Kami mengantisipasi pemilik masih membutuhkan KTP lama itu untuk transaksi bank ataupun urusan dengan kepolisian,” tutur Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemprov DKI Purba Hutapea.

Seharusnya KTP lama bisa dimusnahkan di awal tahun 2013. Namun, karena pencetakan KTP elektronik belum selesai, ada waktu transisi sampai awal tahun 2014.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com