Kompas.com - 18/02/2013, 20:14 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, mengaku tidak bisa menolong bayi Dera Nur Anggraini karena ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), ICU khusus bayi, penuh. Bahkan beberapa pasien juga masih tahap waiting list.

Direktur Utama Rumah Sakit Harapan Kita Achmad Subagyo menjelaskan, ketika keluarga bayi Dera mendatangi rumah sakit, 12 bed di ruangan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) atau ICU husus bayi, sedang penuh.

"Tanggal 12 Februari kemarin memang salah seorang keluarga bayi Dera datang ke sini, tapi tidak membawa bayinya," kata Subagyo, Senin (18/2/2013).

Subagyo mengungkapkan, Juni mendatang, rencananya pihak rumah sakit akan menambah ruangan supaya bisa memuat 20 bed di ruangan NICU. Hal ini bertujuan untuk memberikan perawatan kepada bayi agar tidak akan ada lagi pasien yang harus menunggu lama untuk mendapatkan perawatan.

Selain itu, kata Subagyo, Maret mendatang, Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan membicarakan sistem perawatan terpadu. Nantinya, keluarga yang membutuhkan perawatan hanya menghubungi call center yang akan bertugas mencari tempat yang bisa menampung pasien tersebut.

"Kalau sistem ini sudah berjalan, keluarga-keluarga seperti Dera bisa menghubungi call center untuk bisa mendapatkan tempat perawatan," ungkap Subagyo.

Mengenai sistem rujukan yang berlaku di RS harapan kita, kata Subagyo, sama seperti sistem rujukan lainnya. Bayi harus dirujuk oleh puskesmas untuk bisa dikirim ke RSUD. Kalau RSUD tidak bisa menyanggupi, pasien bisa dirujuk kembali ke RS Harapan Kita atau RS Cipto Mangunkusumo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.