Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Rusun Marunda: Ada Petugas Juga yang Bermain

Kompas.com - 19/02/2013, 16:52 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah warga Rumah Susun Marunda diduga memindahkan atau menjual perabot bantuan pemerintah. Namun, menurut warga, tidak hanya mereka yang memindahkan barang bantuan ke luar hunian.

"Kalau warga sih udah jelas kelihatan pindahin barang ke luar. Tapi, enggak hanya warga kok. Petugas yang membagi juga ada yang bermain seperti itu," kata ER, warga Rusun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, saat ditemui Kompas.com, Selasa (19/2/2013).

ER menerangkan, dirinya tidak mengetahui secara pasti apakah oknum tersebut adalah pengelola ataukah petugas yang dipercayakan untuk membagikan barang-barang bantuan bagi warga rusun yang menjadi korban banjir di Pluit. Namun, oknum tersebut bertugas mengurus barang-barang di gudang penyimpanan barang bantuan.

"Gudang barangnya sudah dipindahkan ke belakang, enggak di Blok 7," ujar ER.

Menurut ER, pemindahan blok yang belum dihuni tersebut semakin memudahkan oknum tertentu untuk melancarkan aksi pemindahan barang.

Salah seorang staf pengelola yang dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui tentang prilaku oknum dalam pembagian barang bantuan. Pasalnya, distribusi bantuan ke warga rusun menjadi tanggung jawab Dinas Sosial dan lembaga pemberi bantuan. Unit Pelaksana Teknis Pengelola Rusun Marunda tidak terlibat langsung dalam pembagian barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com