Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.818 Tempat Tidur untuk Peserta Kartu Jakarta Sehat

Kompas.com - 20/02/2013, 21:36 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Dari 92 rumah sakit penyedia layanan Kartu Jakarta Sehat (KJS) hanya menyediakan 6.818 tempat tidur. Jumlah tempat tidur ini belum cukup menampung peserta KJS yang dirawat di rumah sakit.

Jumlah itu terdiri dari 4.052 tempat tidur di rumah sakit pemerintah dan 2.766 tempat tidur di rumah sakit swasta.

"Memang seluruh fasilitas ini tidak akan cukup sebab lonjakan pasien selalu terjadi," kata Kepala UPT Jamkesda Dinas Kesehatan DKI Jakarta Yudhita Indah, Rabu (20/2/2013), di Jakarta.

Adapun jumlah sarana intensive care unit (ICU) di seluruh rumah sakit yang melayani KJS sebanyak 92 tempat tidur. Jumlah ini melengkapi fasilitas neonatal ICU sebanyak 143 di seluruh DKI Jakarta, termasuk rumah sakit yang tidak melayani peserta KJS.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong penambahan tempat tidur kelas 3 untuk melayani peserta KJS. Seluruh rumah sakit harusnya berkewajiban menyediakan 20 persen dari total kamarnya untuk memberi pelayanan kelas 3. Namun, tidak semua rumah sakit bersedia bekerja sama menyediakan layanan KJS.

"Kami sudah menawarkan ke semua rumah sakit, memang tidak semua mau bekerja sama," tutur Yudhita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com