Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Anggaran untuk Modal Usaha Warga Rusun Marunda

Kompas.com - 23/02/2013, 12:10 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serius untuk memberdayakan penghuni Rusun Marunda. Untuk itu, anggaran pun sudah dialokasikan untuk memodali eks penghuni Waduk Pluit yang ingin membuka usaha.

"Masih ada sisa anggaran yang siap kami alokasikan untuk penghuni yang ingin modal untuk usaha produktif, sifatnya untuk kelengkapan usaha," ungkap Ika Lestari Aji, Kepala Subdinas Sosial Jakarta Utara saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/2/2013) malam.

Ika mengatakan, anggaran yang disediakan tidak dimaksudkan untuk menyediakan modal utuh. Modal tersebut lebih difokuskan perlengkapan tambahan untuk warga yang ingin membuka usaha produktif secara mandiri. Sudin Sosial Jakut menyatakan kesiapan untuk membantu pemberdayaan warga memilih pekerjaan yang sesuai keinginan masing-masing. Untuk itu, pemerintah telah mendata warga yang ingin disalurkan ke perusahaan sesuai potensi yang dimiliki.

"Sudah 200 orang yang telah kami data untuk disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan pemerintah. Tapi tidak semua tentunya yang ingin bekerja di perusahaan, ada yang ingin mandiri," kata Ika.

Untuk itu, selain menyediakan modal usaha, Sudin Sosial juga akan berkoordinasi dengan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama terkait pemberdayaan warga. UPKD terkait, UKM, dan perusahaan swasta juga akan diajak bekerja sama untuk tujuan tersebut.

"Tentunya pihak swasta juga akan kami ajak untuk memanfaatkan program CSR mereka untuk tujuan pemberdayaan warga rusun," kata Ika.

Selain itu, sejumlah pelatihan atau kursus juga terus diberikan secara gratis kepada warga. Kursus yang diberikan kepada kaum perempuan di antaranya kursus rias pengantin, kursus menjahit, dan kursus keaksaraan.

Sejumlah warga yang ingin membuka usaha di blok rusun telah difasilitasi sudin. Di antaranya beberapa warga yang mendapatkan gerobak dagang gratis untuk membuka warung makan di pusat kuliner yang terletak di lantai dasar blok 7 Cluster B.

Berita terkait, baca :

 GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com