Warga Tuntut Negosiasi Ulang, Proyek JORR-W2 Terhambat

Kompas.com - 07/03/2013, 16:26 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Proyek pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR-W2) di ruas Kebon Jeruk-Ulujami mengalami kendala karena pembebasan lahan belum tuntas. Sejumlah warga pemilik lahan di Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, menyampaikan tuntutan hingga ke tingkat Mahkamah Agung agar diadakan negosiasi ulang harga pembebasan lahan.

Ketua Tim Pengadaan Tanah (TPT) JORR-W2 Kementerian Pekerjaan Umum, Ambardi Effendi, Kamis (7/3/2013), mengatakan, keputusan MA mengharuskan kontraktor menunda sementara pembangunan jalan tol tersebut. "Para pemilik lahan yang memperkarakan merasa tidak diajak melakukan musyawarah penentuan harga. Waktu itu mereka hanya mengutus perwakilan. Ya, kalau kita sudah ketemu perwakilan berarti harusnya sah. Sekarang jadi ulang tahap musyawarah," kata Effendi.

Musyawarah dengan para pemilik lahan pada awalnya telah menyepakati harga tanah sebesar Rp 6 juta per meter persegi. Effendi mengatakan, total luas lahan yang belum dibebaskan di Petukangan Selatan akibat keharusan diadakannya negosiasi ulang sebanyak 2 hektar. Hal ini menghambat penyelesaian proyek yang telah mencapai tahap akhir.

"Pengerjaan, kan, sudah dimulai dari Jakarta Barat, sudah masuk ke Petukangan Utara dan sebagian Petukangan Selatan. Nah, ini tinggal tunggu selesai musyawarah," kata Effendi.

Proyek pembangunan JORR-W2 ruas Kebon Jeruk-Ulujami diperkirakan menelan dana investasi senilai Rp 2,2 triliun. Tol yang akan membentang sepanjang 7,7 km ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di tol dalam kota karena warga pengguna lalu lintas dari arah Bogor ataupun Cibubur menuju Bandara Soekarno-Hatta tidak perlu lagi melewati tol dalam kota ruas Cawang-Tomang. Diperkirakan akan ada 90.000 kendaraan per hari yang melewati JORR-W2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.