Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Aksi Peras Hercules Capai Ratusan Juta

Kompas.com - 09/03/2013, 18:48 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian mengatakan Hercules dan kelompoknya terlibat aksi pemerasan terhadap beberapa perusahaan pengembang di Jakarta Barat. Hercules dan kelompoknya disebut bisa meraup ratusan juta dalam aksi pemerasannya itu dengan dalih uang keamanan.

"Paling spektakuler bahwa terjadi intimidasi dalam aksi tersebut. Jumlahnya tidak sedikit, angkanya bisa mencapai ratusan juta rupiah," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Hengki Haryadi, di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (9/3/2013).

Hengki mengatakan, ada tiga perusahaan yang sudah melaporkan pemerasan oleh kelompok Hercules. Dari tiga perusahaan tersebut, kata Hengki, satu perusahaan ada yang sudah menyetor uang sejumlah Rp 25 juta rupiah.

"Mereka menggunakan dalih uang keamanan. Yang sudah menyetor baru satu perusahaan. Dari tiga itu, satu dilakukan Hercules langsung," ujar Hengki.

Modus yang digunakan oleh kelompok Hercules, menurut Hengki yakni dengan mendatangi perusahaan. Setelah itu, mereka meminta uang dengan dalih uang keamanan.

"Modusnya, yang bersangkutan mendatangi perusahan yang belum memberikan biaya pengamanan," ujar Hengki.

Hengki mengatakan untuk mengantisipasi bentuk pemerasan dan premanisme, pihaknya akan melakukan apel di tempat-tempat yang rawan terjadinya kejadian tersebut. Menurut dia, hal itu dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan rasa aman.

Menanggapi klaim dari pihak Hercules soal masalah fasilitas sosial dan fasilitas umum yang terganggu akibat pembangunan ruko di lokasi keributan, Hengki mengatakan bahwa hal itu hanya alasan.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang juga menjadi korban pemerasan untuk tidak takut melaporkan hal itu. "Itu hanya akal-akalan kelompok mereka saja," jelas Hengki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com