Kompas.com - 21/03/2013, 14:09 WIB
Penulis Neli Triana
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Bayi mungil, Evan, yang baru lahir pada Selasa (19/3/2013) lalu meninggal dunia setelah disuntik vaksin. Evan yang lahir secara normal, tetapi dengan berat prematur 2,2 kg di bawah berat normal, tiba-tiba saja dberikan suntikan tanpa sepengetahuan kedua orangtuanya.

Menurut informasi dari Satgas PA yang dihimpun dari keterangan kedua orangtua Evan, pihak rumah sakit hanya memberi penjelasan bahwa itu vaksinasi biasa. Padahal bayi hanya boleh disuntik jika berat badannya minimal 2,5 kg.

Seusai disuntik, Evan langsung mengalami panas tinggi dan tidak mau makan. Akhirnya Evan mengembuskan napas terakhir pada Kamis (21/3/2013) pukul 08.30 saat berusaha ditolong RS Sari Asih, Ciledug. Bayi Evan sendiri diinformasikan lahir di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kini Evan disemayamkan di rumah kontrakan kedua orangtuanya di Jalan Prof Dr Hamka, Gang Sadeli, Kampung Gaga Masjid RT 05/RW 01 Larangan Selatan, Larangan, Tangerang. Hendri (ayah) rencananya akan meminta pertanggungjawaban kepada pihak RS Fatmawati, Jumat (22/3/2013).

Kepada Kompas, Direktur Medik & Keperawatan RS Fatmawati Lia G Partakusuma menyatakan akan segera memberi penjelasan tentang kasus ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.