Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjebak Kebakaran, Nenek 70 Tahun Selamat

Kompas.com - 31/03/2013, 15:50 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -- Sebuah rumah dua lantai di Jalan Lebdosari IX Nomor 5, Kelurahan Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Semarang ludes dilalap api, Minggu (31/3/2013) siang. Rumah milik Sutiyono (58) itu dihuni lima orang dan berada di pemukiman padat penduduk.

Saat terjadi kebakaran, di dalam rumah tersebut ada seorang nenek bernama Maryam (70). Sedang dua cucunya tengah bermain di luar rumah sehingga selamat.

Sutiyono mengatakan, nenek Maryam yang merupakan ibu mertuanya itu sempat terjebak di dalam rumah yang bagian depannya sudah ludes. Nenek Maryam kemudian berhasil diselamatkan seorang tetangga yang tinggal di belakang rumahnya.

"Saat kebakaran, Mbah Maryam itu lari ke bagian belakang dan berusaha meminta tolong tetangga melalui jendela. Ia berteriak dan juga melambaikan tangan," ujarnya.

Bagian belakang rumah itu tidak ada pintu keluar dan langsung bersebelahan dengan sungai. Beruntung teriakan dan lambaian itu dilihat oleh tetangganya yang tinggal di belakang rumah dan terpisahkan sungai kecil. Tetangga yang biasa disapa Pak Broto itu kemudian berusaha menolong dengan melewati sungai bekedalaman sekitar dua meter.

"Setelah lewat sungai, pak Broto lalu menjebol tembok belakang rumah saya untuk bisa membawa nenek keluar dari rumah, kemudian nenek dibawa keluar lewat sungai itu dan bisa diselamatkan," katanya berucap syukur seluruh keluarganya selamat.

Saat menyelamatkan sang nenek, lanjut Sutiyono, pak Broto juga sempat tertimpa genting rumah yang berjatuhan sehingga mengalami luka di bagian kepala. Sedangkan Sutiyono sendiri saat kejadian tengah mengantar kerabat dekat yang pindahan rumah.

"Saya sama istri di tempat saudara, saat berada di depan rumah ketika pulang, saya melihat api sudah membesar di kamar depan dan di lantai dua. Apinya cukup besar, awalnya saya berpikir Mbah Maryam masih terjebak, tapi ternyata sudah diselamatkan," katanya.

Ia dibantu warga kemudian berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tidak berselang lama, tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran Kota Semarang beserta sejumlah petugas dikerahkan ke lokasi kejadian.

Kobaran api bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Api juga tidak sempat menjalar ke rumah warga di sekitarnya. Anggota Kepolisian Sektor Semarang Barat yang berada di lokasi kejadian terlihat melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal api. Hasil penyelidikan sementara dan keterangan sejumlah saksi, kebakaran diduga terjadi akibat adanya hubungan pendek arus listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com