Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danjen Kopassus: Kapan Jokowi Butuh, Kami Siap!

Kompas.com - 05/04/2013, 12:43 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo menegaskan, siap jika diminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membantu warga Ibu Kota yang dilanda bencana.

"Kapan Bapak Jokowi membutuhkan kami, kami selalu siap membantu," tegasnya di sela acara bersih-bersih Kali Ciliwung yang turut dihadiri Jokowi di Kompleks Kopassus, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013) pagi.

Agus melanjutkan, koordinasi yang baik antara anggota Kopassus dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi bencana telah dilakukan saat musibah banjir yang menerpa DKI Januari 2013 silam. Hal itu diharapkan berlanjut.

"Seperti banjir kemarin. Kami langsung siapkan peralatan dari malam hari, prajurit juga kita siapkan. Kita jadi yang pertama mengevakuasi warga bantaran Sungai Ciliwung," ujar Agus.

Jokowi pun mengapresiasi positif janji petinggi Kopassus tersebut. Menurut mantan Wali Kota Surakarta tersebut, para prajurit Kopassus memang sudah seharusnya membantu rakyat karena Kopassus adalah salah satu aset negara atau dalam kata lain, milik rakyat juga.

"Apalagi Kopassus masuk tiga besar kesatuan khusus terbaik dunia. Jadi jangan ada persepsi negatif, karena ini milik rakyat," ujar Jokowi.

Selama Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI, setidaknya ia telah empat kali meminta bantuan pasukan Kopassus. Bantuan itu, yakni mengevakuasi warga bantaran sungai saat banjir besar Januari 2013, memperbaiki tanggul jebol di Latuharhary, membantu mengevakuasi jenazah di basement gedung UOB dan membantu masuk ke gorong-gorong di jalan protokol DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com