Kompas.com - 05/04/2013, 19:03 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Para penyedia makanan untuk tahanan semua Polsek di bawah Polres Metro Jakarta Pusat mengeluhkan tunggakan pembayaran uang makanan tahanan. Mereka sampai ada yang terpaksa mengutang ke bank hingga Rp 60 juta.

Adalah Ulfa (bukan nama aslinya), salah seorang penyedia jasa makanan untuk salah satu polsek di Jakarta Pusat, yang berutang ke bank hingga Rp 60 juta. Hal itu terpaksa dia lakukan agar bisa terus berjualan.

"Pihak Polsek belum membayar uang makanan tahanan sejak April 2012," kata dia saat ditemui di warungnya, Jumat (5/4/2013).

Menurut Ulfa, biaya makanan para tahanan Polsek tersebut bisa menghabiskan dana sekitar Rp 8 juta hingga Rp 10 juta per bulannya. Per harinya, satu orang tahanan mendapatkan jatah makan sebesar Rp 10.800 untuk dua kali makan.

"Makannya pagi dan sore. Jam 11.00 dan 17.00," ujarnya.

Hal serupa juga dialami Tanjung (bukan nama asli). Menurut dia, pihak Polsek yang dekat warungnya masih menunggak Rp 45 juta untuk makanan para tahanannya.

"Udah sembilan bulan belum dibayar-bayar," kata Tanjung. Selain itu, dia menyebut, ada delapan pos polisi yang minta disediakan makanan setiap harinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Seksi Keuangan Polres Jakarta Pusat Kompol Maria Iriani menyatakan, pihaknya belum membayar karena anggaran dari Polda Metro Jaya masih terganjal beberapa prosedur.

"Jadi ada prosedur dari Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Tahti), kemudian diproses dan diajukan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Kas Negara (KPPN). Setelah proses prosedur itu, barulah uang dapat dicairkan," tuturnya di Mapolresto Jakarta Pusat.

Di Jakarta Pusat tercatat ada delapan Polsek dan satu Polres yang memiliki tunggakan makanan tahanan berbeda-beda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.