Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Siswa Pakai Soal Fotokopi

Kompas.com - 15/04/2013, 13:49 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com -- Sebagian siswa sekolah menengah atas atau setingkat yang mengikuti ujian nasional pada Senin (15/4/2013) di Kota Padang, Sumatera Barat, menggunakan soal hasil fotokopi. Hal itu terjadi menyusul kekurangan pasokan soal asli.

Penggunaan soal hasil fotokopi itu setidaknya terpantau di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2, Kota Padang. Kepala MAN 2 Kota Padang, Khafrizal mengatakan, dari 136 siswa jurusan IPS yang mengikuti ujian dalam tujuh ruangan, sejumlah siswa yang berada dalam dua ruangan tidak memperolah soal asli bidang studi Bahasa Indonesia.

Agar ujian bisa tetap dilangsungkan, soal asli pun difotokopi dengan pengawalan pengawas dari perguruan tinggi serta didampingi polisi. "Perlu waktu kurang lebih selama tiga puluh menit untuk memfotokopi soal itu," kata Khafrizal.

Waktu ujian ditambahkan sesuai waktu yang dibutuhkan untuk memfotokopi soal tersebut. Ia menyebutkan, seluruh peserta ujian dalam tujuh kelas IPS itu tetap melakukan ujian secara serentak.

Adapun paket soal untuk 178 siswa jurusan IPA dan 61 murid jurusan pendidikan keagamaan di MAN 2, menurut Khafrizal, tidak mengalami masalah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Indang Dewata, pada hari yang sama mengatakan, tidak kurang 12 sekolah mengalami kekurangan soal pada hari pertama ujian nasional tersebut. Sebagian besar kekurangan soal, terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik SMK negeri maupun swasta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com