Kompas.com - 16/04/2013, 18:35 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Jakarta Barat meminta penunjukan pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Barat bisa secepatnya. Sebab, jabatan tersebut tidak boleh dikosongkan mengingat banyak kebijakan yang harus ditandatangani oleh wali kota.

"Kalau kita pengin supaya penunjukan Plt bisa cepat dilantik, biar pelaksanaan pekerjaan menjadi lengkap," kata Sugeng Iriyanto, Badan Kepegawaian Daerah Jakarta Barat di kantornya, Selasa (16/4/2013).

Saat ini jabatan wali kota dipegang oleh sekertaris kota. SKPD juga masih menunggu kebijakan pemprov untuk menentukan pelaksana tugas dari jabatan wali kota maupun wakil wali kota Jakarta Barat.

Mengenai kendala menjalankan tugas, sampai saat ini masih belum terlihat karena baru sehari ditinggalkan Burhanuddin. Untuk sementara, ia hanya menjadi pelaksana tugas dari suku dinas dan melakukan tugas-tugas sesuai ketentuan yang diberikan oleh wali kota sebelumnya.

Selain itu, kata Sugeng, mengenai kebijakan yang berada di tingkat kota, belum bisa dikerjakan sampai mendapat tanda tangan dari Plt ataupun wali kota definitif. Untuk sementara ini, pihaknya hanya bisa mengusulkan beberapa kebijakan tanpa memutuskan kebijakan tersebut.

Sementara Rustam Effendi, Sekertaris Kota Jakarta Barat, mengatakan, walaupun dirinya penjadi pengganti sementara sebelum ada penunjukan Plt oleh gubernur, dia hanya bisa melaksanakan tugas tanpa mengeluarkan kebijakan atau menandatangani anggaran pengeluaran.

"Harusnya kan kemarin mengundurkan diri, hari ini sudah ada pelaksana tugas. Tapi, sekarang jabatan wali kota malah kosong," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Barat Burhanuddin resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Pengumuman pengunduran dirinya itu disampaikan dalam apel upacara yang dihadiri ratusan pegawai negeri sipil (PNS) setempat, Senin (15/4/2013). Dengan kemunduran Burhanuddin, kini dua jabatan strategis di Jakarta Barat kosong. Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jakbar Sukarno mengakhiri masa tugasnya karena pensiun sejak 1 April 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.