Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Perhatian SBY, Pegawai Honorer Shalat di Depan Istana

Kompas.com - 29/04/2013, 13:18 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sambil melakukan aksi, puluhan tenaga kerja honorer melakukan shalat Dzuhur di Jalan Medan Merdeka Utara, tepat di seberang Istana Merdeka. Mereka ingin mendapatkan perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena nasib mereka tak masuk CPNS.

Mereka melakukan aksi sejak pukul 11.00, Senin (29/4/2013). Setelah azan Dzuhur berkumandang, seorang koordinator aksi mengajak untuk salah berjemaah.

"Ayo yang Muslim shalat dulu, biar tuntutan kita didengar," ujar Presiden Koordinator Front Pembela Honorer Indonesia Mukhlis Setiabudi, Senin.

Para pegawai honorer yang berasal dari sejumlah daerah di Jabodetabek serta beberapa daerah lainnya, seperti Ciamis dan Tasikmalaya, itu menggunakan spanduk-spanduk yang mereka bentangkan sebagai alas. Untuk berwudhu, mereka menggunaka debu yang berada di benda-benda sekitar sebagai pengganti air.

Sebagian besar dari mereka langsung mengambil posisi untuk shalat di tengah teriknya matahari. Aksi mereka dijaga oleh puluhan petugas kepolisian.

Sebelumnya, mereka melakukan aksi untuk memperjuangkan nasib mereka yang tak terakomodasi masuk di kategori I ataupun II CPNS. Padahal, mereka telah sekian lama mengabdi.

Menurut Mukhlis, tidak masuknya nama mereka ke dalam daftar CPNS disebabkan tercecernya data yang sudah dikirimnya. "Birokrasinya terlalu rumit. Pertama, kami mendaftar ke Kasie Kecamatan lalu Sudin Pendidikan Wali Kota, Badan Kepegawaian Daerah, baru ke Badan Kepegawaian Negara. Makanya banyak data yang tercecer," ujarnya kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com