Kompas.com - 30/04/2013, 18:43 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Rabu besok, sebisa mungkin hindari kawasan di sekitar Istana Negara. Sekitar 80.000 dari 150.000 buruh akan bertahan melakukan aksi di depan Istana Negara hingga sore hari.

"80.000 buruh akan tetap di Istana (Negara). Aksi akan dipusatkan di Istana sampai jam 6 sore," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Selasa (30/4/2013).

Menurutnya, selain konsentrasi massa berada di Istana Negara, ribuan buruh lainnya akan tersebar di sejumlah kantor kementerian. Beberapa di antaranya Kemenakertrans, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kemenko Kesra, dan Kementerian Perekonomian.

Terkait jumlah massa yang akan melakukan aksi secara nasional di beberapa daerah, lanjut Said, rencananya akan ada satu juta buruh yang melakukan aksi. Dari jumlah itu, yang sudah terkonfirmasi pada Selasa ini untuk melakukan aksi pada 1 Mei besok sebanyak 600.000 buruh untuk wilayah nasional. Sementara untuk wilayah Jabodetabek diperkirakan mencapai 150.000 buruh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.