Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Buruh ke Jakarta

Kompas.com - 01/05/2013, 03:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS — Puluhan ribu buruh dari Bekasi, Tangerang, dan Bogor diperkirakan akan memperingati Hari Buruh, di Jakarta, Rabu (1/5). Para buruh yang tergabung dalam federasi, aliansi, dan serikat pekerja menggelar aksi damai dengan kawalan aparat kepolisian dan TNI.

Sekretariat Bersama Buruh akan mengerahkan 20.000 orang untuk melakukan aksi demonstrasi dalam memperingati Hari Buruh, 1 Mei. Ini dikatakan Marlo Sitompul, salah satu anggota Sekretariat Bersama Buruh, di Jakarta, kemarin.

Menurut Marlo, buruh akan berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, pada pukul 09.00. Dari lokasi itu, buruh bergerak menuju ke kantor pusat Komisi Pemilihan Umum dan Istana Kepresidenan.

Tujuannya, buruh menuntut pemerintah dan partai politik yang akan ikut dalam Pemilihan Umum 2014 mencabut sistem kerja alih daya dan Rancangan Undang-Undang Ormas, menolak pemberian upah murah terhadap buruh, dan melakukan nasionalisasi terhadap perusahaan tambang.

Ketua Umum Serikat Buruh Transportasi Indonesia Ilhamsyah justru menyatakan, dalam memperingati Hari Buruh, mereka akan memblokade Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. ”Menurut rencana, sebanyak 1.000 buruh pelabuhan dan pergudangan akan memblokade Pelabuhan Tanjung Priok pada pukul 08.30-12.00.”

Dalam kaitannya dengan aksi tersebut, sejumlah upaya ditempuh pemerintah daerah, perwakilan pengusaha, dan instansi terkait. Mereka menyediakan panggung hiburan berikut hadiah dan suvenir, seperti pengelola kawasan wisata Ancol yang memberikan diskon 50 persen untuk tiket masuk kawasan dan wahana tertentu.

Manajer Komunikasi PT Pembangunan Jaya Ancol Ari Kurniawan mengatakan, diskon berlaku bagi pengunjung yang masuk dari pukul 06.00-12.00, Rabu ini.

Sementara di Tangerang, Manajer Umum PT AP II Cabang Bandara Internasional Soekarno- Hatta Yudis Tiawan mengimbau agar warga menghindari jalan melewati Pintu M1 (dari belakang bandara) mulai pukul 08.00-17.00, terkait adanya rencana aksi unjuk rasa ribuan orang memperingati Hari Buruh. (K06/MKN/PIN/BRO/ LAS/ MAS/ CAS/ RTS/*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com