Kompas.com - 01/05/2013, 08:35 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersatu Arief Poyuono menyentil para pimpinan buruh yang bersedia datang memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Istana. Padahal, kata dia, janji-janji SBY untuk kesejahteraan buruh hanya janji manis.

"Ironisnya petinggi-petinggi kaum buruh setiap tahun dibohongi oleh SBY, di mana jelang hari buruh sudah senang jika diundang ke Istana dan melakukan sesi foto-foto dan terbuai dengan janji-janji manis SBY terhadap perbaikan nasib kaum buruh," kata Arief dalam rilisnya, Rabu (1/5/2013).

Atas nama Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu, Arief sangat menyayangkan tindakan pemimpin-pemimpin buruh tingkat nasional yang hanya tergiur dengan sesi foto-foto bersama SBY di Istana Negara. Sebab, dia melihat fenomena yang terjadi bahwa tidak ada perubahan yang signifikan dalam perbaikan nasib buruh di Indonesia selama pemerintahan SBY-Boediono.

Terkait kelangkaan BBM yang terjadi di hampir seluruh Indonesia, tutur Arief, jelas menambah beban hidup kaum buruh makin terimpit. Sebab, kelangkaan BBM menyebabkan ongkos transportasi barang dan jasa naik dan menyebabkan penurunan daya beli masyarakat yang berimbas kepada penurunan pendapatan kaum buruh.

"Kelangkaan BBM sebenarnya tidak akan terjadi jika tidak ada pembiaran atau kesengajaan yang dilakukan pemerintahan SBY terhadap penyelundupan BBM ke luar negeri," ucap dia.

Selain permasalahan kelangkaan BBM, hal penting yang akan diperjuangkan buruh adalah masih maraknya perlakuan Union Busting terhadap organisasi-organisasi serikat pekerja di perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta.

Pada Hari Buruh Sedunia ini, FSP BUMN Bersatu di Jabotabek akan mengerahkan 20.000 massa buruh yang akan dilakukan di beberapa titik di Ibu Kota, seperti di Pelabuhan Tanjung Priok, Istana Negara, DPR, serta ribuan massa buruh yang akan turun di jalan-jalan protokol di kota-kota besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.