Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemanasan ala Buruh Sebelum Serbu Istana

Kompas.com - 01/05/2013, 10:06 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan buruh di JIEP (Jakarta Industrial Estate Pulogadung), Jakarta Timur, melakukan pemanasan sebelum konvoi menuju Istana Negara, Jakarta Pusat. Mereka melakukan konvoi kendaraan bermotor di dalam kawasan industri, Selasa (1/5/2013) pagi.

Pantauan Kompas.com, buruh dari sekitar 370 perusahaan di kawasan industri Pulogadung itu mulai berkumpul sejak pukul 08.00 WIB. Buruh tampak berkumpul di tiga titik, yaitu pintu akses masuk JIEP setelah TU Gas, depan Pulogadung Trade Center, dan Kantor Pajak Pulogadung.

Tepat pada pukul 08.30 WIB, para buruh berkeliling. Dengan menggunakan sepeda motor, beberapa ada juga yang menumpang bus sewaan. Para buruh yang kebanyakan terdiri dari kaum pria itu tampak berkeliling di dalam kawasan JIEP sambil membunyi-bunyikan klakson serta melambaikan tangan kepada pengguna jalan yang lainnya.

Aksi para buruh tersebut pun tergolong cukup tertib. Dari spanduk dan bendera yang mereka bawa, terlihat para buruh tersebut berasal dari organisasi buruh yang berbeda, antara lain, Federasi Serikat Pekerja Otomotif Undonesia (FSPOI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Federasi Serkat Pekerja Metal Indonesia (KSPMI), Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Metal (FSP-LEM), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan serikat pekerja dan buruh lainnya.

"Habis kita keliling kawasan, baru kita ke Istana negara. Ini untuk pemanasan kawan-kawan buruh," ujar James, salah seorang peserta aksi.

Sebelumnya, pihak Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur telah merilis, pengamanan peringatan hari buruh itu akan menerjunkan sebanyak 1.428 personel polisi ditambah satu peleton bantuan personel dari Polda Metro Jaya serta satu peleton dari TNI Angkatan Darat (AD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com