Kompas.com - 06/05/2013, 22:17 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi meluncurkan logo dan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-486 Kota Jakarta. Peluncuran ini langsung disampaikan oleh Asisten Pemerintahan DKI Sylviana Murni yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia HUT ke-486 DKI.

"Logo dan tema peringatan HUT Jakarta kali ini terinspirasi oleh penggambaran Jakarta yang penuh keragaman sebagai miniatur Indonesia," kata Sylviana di Balaikota Jakarta, Senin (6/5/2013).

Logo HUT Jakarta tahun ini terbentuk dari beberapa daun dan air yang sederhana dan berfilosofi kedekatan antarbudaya di Indonesia. Ilustrasi gambar puncak Monas sebagai simbol logo di sekelilingnya menjadi lambang Ibu Kota dan warna-warni sebagai simbol keberagaman. Logo itu juga dilandaskan pada nilai-nilai multikultural di Jakarta.

Sylviana berharap makna yang terkandung dalam logo itu dapat menumbuhkan apresiasi, kepedulian, dan kecintaan masyarakat Ibu Kota terhadap karya seni dan budaya anak bangsa, khususnya budaya Betawi.

Sementara itu, tema yang diusung di HUT Jakarta tahun ini adalah "Jakarta Baru, Jakarta Kita". Tema itu memiliki makna kerakyatan dalam kebersamaan. "Tema itu juga berarti adanya semangat untuk mengubah dan menata Jakarta yang lebih manusiawi (humanis), memiliki masa depan yang lebih baik (futuris), memiliki kekhasan (branding) dengan tetap menjaga keragaman yang tumbuh dan berkembang di Jakarta (pluraris)," kata Sylviana.

Perayaan HUT Jakarta tahun ini lebih semarak dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Sekitar 35 kegiatan digelar untuk memeriahkan perayaan HUT ke-486 DKI, antara lain, Jakarta International 10K, Jakarta Great Sale, Jakarnaval, Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jakarta Fashion and Food Festival, dan berbagai kegiatan olah raga dan seni.

Pencanangan HUT ke-486 Jakarta akan dilakukan pada Minggu (2/6/2013) mendatang di Kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulo Gadung, Jakarta Timur. Di malam puncak ulang tahun Jakarta pada 22 Juni 2013, akan digelar Jakarta Night Festival dengan konsep car free night dan sejumlah panggung hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.