KRL Ekonomi Serpong-Tanah Abang Dihapus

Kompas.com - 07/05/2013, 04:30 WIB
Editor

Serpong, Kompas - Mulai Selasa (7/5) ini, KRL ekonomi tak lagi melayani jalur Serpong-Tanah Abang. Pelayanan kereta bertarif Rp 1.500 sekali jalan itu diganti dengan KRL commuter line yang tiketnya Rp 8.000 sekali jalan.

Pemberitahuan penghentian operasi KRL ekonomi Serpong-Tanah Abang itu diumumkan melalui pengeras suara di stasiun-stasiun kereta yang dilewati jalur tersebut. Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa mulai Selasa, 7 Mei, KRL ekonomi dihapuskan karena kereta itu tidak memenuhi standar keselamatan dan pelayanan.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Sukendar Mulya menyampaikan penjelasan senada. ”Alasannya semata-mata karena rangkaian KRL ekonomi itu sudah tua, jadi perlu diganti demi keselamatan penumpang dan tentunya juga untuk peningkatan pelayanan,” katanya. Menurut Sukendar, ada empat perjalanan KRL ekonomi Serpong-Tanah Abang yang ditiadakan.

Dari pantauan Kompas, kondisi KRL ekonomi memang sangat memprihatinkan. Gerbong kereta penuh coretan, dindingnya kusam dengan cat yang sudah mengelupas dan berkarat. Lantai gerbong pun ada yang berlubang-lubang. Pintu dan jendela juga sudah tidak bisa ditutup lagi.

Sukendar menambahkan, saat ini baru jalur Serpong-Tanah Abang yang dihapus. ”Untuk jalur lain (Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi) belum,” ujarnya.

Penumpang keberatan

Sementara itu, penumpang yang biasa memakai jasa KRL ekonomi mengatakan keberatan dengan penghapusan tersebut.

Fathur (29), salah satu penumpang, menolak penghapusan KRL ekonomi karena ia harus mengeluarkan ongkos transportasi lebih banyak lagi untuk kerja.

”Selama ini saya selalu memakai KRL ekonomi. Kereta ini sangat membantu masyarakat kecil seperti kami ini,” kata warga Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, yang bekerja di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, itu.

Menurut Fathur, sangat berat bagi pegawai kecil seperti dirinya jika harus naik KRL commuter line yang tiketnya Rp 8.000 sekali jalan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.