Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum Polisi dan TNI Akan Diusut

Kompas.com - 07/05/2013, 04:33 WIB

Jakarta, Kompas - Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menyelidiki dugaan adanya keterlibatan oknum aparat Kepolisian Negara RI dan Tentara Nasional Indonesia dalam kasus perbudakan terhadap 34 buruh pabrik pengolahan limbah metal di Lebak Wangi, Sepatan Timur, Tangerang, Banten.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (6/5), mengatakan akan segera meminta keterangan dua oknum yang diduga terlibat itu, yaitu AH (polisi) dan IS (TNI).

”Berdasarkan pengakuan tersangka YI alias Yuki (pemilik pabrik), kedua oknum itu adalah teman lama yang dikenal sebelum mereka masuk kesatuan. Kebenaran dari keterangan ini masih harus didalami,” kata Rikwanto.

Praktik perbudakan ini terungkap setelah dua buruh pabrik itu kabur ke Lampung dan melapor ke polisi di Lampung pada 28 April 2013. Laporan itu ditindaklanjuti Polda Lampung dan Polda Metro Jaya. Saat penggerebekan, di pabrik ditemukan 34 buruh dalam kondisi sakit kulit dan napas, kurang makan, bahkan ada yang disekap di dua lokasi. Mereka juga tidak diberi gaji beberapa bulan, dipukuli, bahkan ada yang disiram air panas. Mereka takut kabur akibat ancaman petugas keamanan.

Pengakuan tersangka Yuki dalam pemeriksaan, dua oknum polisi dan TNI itu merupakan sahabatnya sejak lama. Keduanya juga tinggal di sekitar pabrik.

”Apakah mereka diberikan sejumlah uang atau tidak oleh tersangka, kami masih mendalaminya. Yang pasti, setiap kali datang, tersangka selalu memberi uang bensin,” ujar Rikwanto.

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Sepatan Ajun Komisaris Sunarto membantah jika anak buahnya menerima upeti dari tersangka Yuki. ”Saya pastikan, tidak ada anggota kami yang menerima upeti. Itu sama sekali tidak dibenarkan,” kata Sunarto di Lebak Wangi.

Menurut Sunarto, tersangka Yuki memang memiliki kakak ipar berinisial Zu (saat ini menjadi anggota reserse di Polsek Sepatan) dan adik ipar, Mursan, Kepala Desa Lebak Wangi. Akan tetapi, dalam pengakuan Zu kepada Sunarto, dia tidak tahu-menahu dan tidak melindungi kegiatan di pabrik itu.

Kemarin siang, sekitar seratusan buruh yang tergabung dalam sejumlah serikat pekerja dan aliansi juga mengekspresikan kekesalan mereka terhadap aksi perbudakan ini. Mereka merobohkan pintu gerbang rumah Yuki yang terbuat dari besi dan merusak ornamen pagar besi rumah lurah Lebak Wangi.

Tujuh tersangka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com