Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket APTB Bekasi-HI Rp 6.000

Kompas.com - 10/05/2013, 03:59 WIB

Bekasi, Kompas - Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta segera meluncurkan angkutan perbatasan terintegrasi busway trayek Bekasi-Bundaran Hotel Indonesia dan Bekasi-Dukuh Atas. Tarifnya Rp 6.000 per penumpang, itu sudah termasuk biaya melanjutkan perjalanan satu kali naik bus transjakarta di Jakarta.

Dirut Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Pande Putu Yasa menyampaikan itu seusai uji coba angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB) Bekasi-Bundaran HI, Rabu (8/5).

PPD juga tengah mempertimbangkan untuk menurunkan tarif pulang (Bundaran HI-Bekasi) menjadi Rp 5.000 per penumpang. ”Kami ingin menarik sebanyak mungkin pengguna kendaraan pribadi agar beralih ke angkutan umum,” katanya.

APTB Bekasi-Bundaran HI berangkat dari Halte Bekasi Barat (seberang Mega Bekasi Hypermall). Bus lalu melintasi Gerbang Tol Bekasi Barat, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Terminal Jatibening, Jalan Tol Dalam Kota, sejumlah halte bus transjakarta Koridor IX di Jalan MT Haryono dan Gatot Subroto, Koridor I di Jalan Sudirman, dan berakhir di Bundaran HI. Bus kembali melalui rute yang sama.

Rute APTB Bekasi-Dukuh Atas berangkat dari Halte Terminal Bekasi. Bus lalu melintasi Jalan Cut Meutia, Jalan Juanda, Jalan Mulyadi Joyomartono (Halte APTB), Gerbang Tol Bekasi Timur, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Terminal Jatibening, Jalan Tol Dalam Kota, sejumlah halte bus transjakarta Koridor IX di Jalan MT Haryono dan Gatot Subroto, Koridor I di Jalan Sudirman, dan berakhir di Dukuh Atas. Bus kembali lewat rute sama.

APTB Bekasi-Bundaran HI adalah rute baru sebab belum ada operator bus yang melayani trayek ini. APTB Bekasi-Dukuh Atas menggantikan Patas AC 17 Dukuh Atas-Bekasi dengan rute Sudirman-Komdak-Jatibening-Bekasi Timur. Keberadaan APTB Bekasi-Dukuh Atas membuat PPD secara bertahap menghentikan operasi Patas AC 17.

PPD akan mengoperasikan kedua trayek tadi paling cepat 13 Mei 2013. Setiap trayek akan dilayani 10-15 bus. Setiap bus berkapasitas 70-80 orang, ada tempat duduk, ada tempat penumpang berdiri, berpenyejuk udara, dan pintu di tengah untuk naik-turun penumpang dari dan ke halte.

Sebelum mengoperasikan dua trayek itu, PPD juga telah menjalankan APTB Bekasi-Pulogadung. PT Mayasari Bakti juga berencana mengoperasikan APTB Bekasi-Tanah Abang, paling cepat, 13 Mei 2013.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Supandi Budiman yakin tiga trayek baru APTB itu akan ramai. Bundaran HI, Dukuh Atas, dan Tanah Abang merupakan tujuan warga Bekasi yang bekerja sebagai pegawai kantor dan pengusaha. (BRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com