Kompas.com - 10/05/2013, 13:57 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik kepolisian akan memintai keterangan buruh mengenai informasi adanya beking aparat atau hal lainnya dalam kasus perbudakan buruh di pabrik kuali milik Yuki Irawan (41). Kepolisian mengirim dua tim ke Lampung dan Cianjur Jawa Barat, tempat tinggal para buruh yang menjadi korban perbudakan itu.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menuturkan, lima penyidik kepolisian akan di kirim menuju Lampung pada Jumat (10/5/2013) malam ini. Sementara pada Sabtu (11/5/2013), akan ada sembilan penyidik yang dikirim ke Cianjur, Jawa Barat untuk bertemu dengan buruh yang pernah bekerja dengan Yuki.

"Lima penyidik malam ini akan ke Lampung. Sudah janjian untuk melakukan pemeriksaan tambahan buruh-buruh seperti Andi cs yang punya informasi yang belum disampaikan waktu pemeriksaan pertama," kata Rikwanto.

Keterangan tambahan dari para buruh itu, lanjut Rikwanto, sangat diperlukan untuk menuntut atau menambah pemeriksaan-pemeriksaan pemberatan bagi para pelaku yang sudah ditahan ini. Selain itu, hal tersebut juga dimaksudkan untuk melakukan pemeriksaan mengenai adanya beking yang disebutkan buruh atau diakui buruh kepada media.

"Kita jemput bola janjian di sana. Baik di Lampung ataupun di Cianjur untuk melakukan pemeriksaan berita acara yang tambahan. Itu sebagai dasar untuk memeriksa kembali para tersangka (yang sudah ditahan) dan termasuk juga yang diduga beking itu (tiga oknum aparat)," ujar Rikwanto.

Keterangan dari buruh itu, lanjutnya, akan digunakan sebagai bahan dasar supaya tersangka yang sudah ditahan, ataupun aparat yang menjadi beking tidak mengelak dengan data yang didapat kembali dari buruh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.